Ekonomi Islam



Ekonomi IslamAgama Islam merupakan agama kompleks yang di mana didalamnya mengatur seluruh aspek kehidupan manusia , bumi beserta isinya. Kegiatan perekonomian manusia pun diatur dalam Agama Islam dengan menggunakan prinsip Illahiyah. Karena harta yang ada pada diri manusia itu sesungguhnya bukan miliknya melainkan hanya merupakan nikmat dari Allah SWT agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin guna kemaslahatan bersama yang akan dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT.

Pengertian Ekonomi Islam
Tujuan Ekonomi Islam
  1. Penyucian jiwa atau secara batiniah agar supaya setiap umat Islam menjadi sumber kebaikan bagi masyarakat dan lingkungannya.
  1. Penegakan keadilan dalam masyarakat di mana keadilan yang dimaksud adalah tersirat dalam aspek kehidupan muamalah dan aspek hukum
  1. Pencapaian maslahat, di mana para ulama menyepakati bahwa dengan adanya maslahat yang akan menjadi puncak sasaran maka hal ini mengandung lima jaminan dasar yaitu sebagai berikut :
  • Kemaslahatan keyakinan agama
  • Kemaslahatan jiwa
  • Kemaslahatan akal
  • Kemaslahatan keluarga dan keturunan
  • Kemaslahatan harta benda
Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam
  1. Sumber daya yang telah dianugerahkan oleh Allah SWT diperuntukkan kepada manusia.
  1. Agama Islam mengakui adanya kepemilikan secara pribadi untuk batas tertentu.
  1. Kekuatan utama atau Man Power dalam Ekonomi Islam adalah kerjasama.
  1. Dalam Ekonomi Islam mencakup sebuah pemilikan dan pelaksanaan masyarakat yang terencana demi kepentingan umum.
  1. Dalam Ekonomi Islam tidak menyetujui adanya penggunaan harta oleh segelintir orang saja untuk dikuasai secara penuh.
  1. Setiap umat Islam harus menumbuhkan rasa takut kepada Allah SWT dan hari kematian di dunia yang sebenarnya ( akhirat kelak ).
  1. Agama Islam mengajarkan untuk menolak adanya Riba dalam hal apapun baik secara langsung maupun tidak langsung.
  1. Pembagian Zakat harus segera dipenuhi batas-batasnya atas harta yang dibelanjakan di kehidupan dunia.


Inilah yang menjadi kekuatan bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya sehingga keberadaan Ekonomi Islam menjadi dorongan untuk mewujudkan keberkahan atas limpahan rezekiNYA.

Ekonomi Islam
Ekonomi Islam adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari tentang perilaku ekonomi manusia yang diatur dengan landasan ajaran Islam sebagaimana yang telah dirangkum pada rukun iman dan rukun Islam.
Aturan-aturan yang telah Allah SWT tetapkan dalam sistem ajaran Islam mengacu pada tercapainya suatu kebaikan , kebahagiaan, ketenangan, kedamaian, kesejahteraan, keutamaan , serta menghilangkan, menghapus atau menghindari segala bentuk kejahatan dan kerugian. Demikian pula pada dunia ekonomi , di mana tujuannya yaitu untuk membantu manusia dalam mewujudkan kebahagiaan dunia dan akhirat.
Ada yang menjadi tiga sasaran hukum Islam sehingga dapat menunjukkan rahmat untuk seluruh umat manusia, yaitu sebagai berikut :
Ekonomi Islam
Ekonomi Islam
Ada beberapa prinsip dasar dalam Ekonomi Islam , yaitu:

Previous
Next Post »